Kamis, 08 Mei 2008

Hoax 0866

Hari gini hoax semakin kencang aja. Hoax yang sedang hot belakangan ini:

Kalau ada yg telp dgn no dpn 0866 ato 0666 ato 006 ato yang brwarna merah.baik telp ato sms.jgn diangkat/dibaca.ada kbr di jakarta n tanjung balai udah ada yg mati krn no.tsb.percy to nga,ga ada salahnya kita ikuti.sebarkan.thanks.
Hoax ini kemudian meluas. Kotanya bertambah: Duri, Batam, Bengkalis, dan Dumai. Selain itu, isi SMS hoax ini juga kemudian dibumbui lagi dengan tambahan:
  • sudah terbukti
  • sedang diusut oleh pihak kepolisian
  • sudah disiarkan di berita TV
  • pelaku adalah dukun ilmu hitam atau roh gentayangan yang mencari mangsa
Sore/malam kemarin (7/5), ada kehebohan lagi dengan peringatan agar semua panggilan telepon dari Batam dan sekitarnya harus dibiarkan, karena ada percobaan ilmu hitam besar-besaran di malam hari.

Semua SMS hoax ini selalu disertai dengan nasihat yang intinya tidak ada salahnya kita menyebarkan SMS tersebut. Nasihat yang paling menyesatkan adalah bahwa setiap kita sebarkan 1 SMS berarti kita sudah menolong 1 nyawa manusia.

Berikut ini ada kisah nyata:
Si X (nama samaran) tidak percaya dengan SMS demikian, namun beberapa teman kantornya percaya. Si X teringat ada familinya yang memiliki no HP yang mengandung angka 666. No ini digunakan untuk menelepon si Y (nama samaran teman kerja si X). Ternyata setiap dihubungi, si Y tidak berani menerima panggilan. Demikian terus, panggilan dilakukan beberapa kali, sampai akhirnya si Y berani menerima panggilan. Namun, si Y tidak berani bersuara. Si X yang berusaha menahan tawanya, juga ikutan diam. Sama-sama senyap, sampai kemudian si X membisikkan satu kalimat "Mati kau...." dengan nada menakutkan. Seketika panggilan langsung diputuskan si Y. Jelas si Y dari awal telah terpengaruh dengan SMS hoax di atas. Kemudian, sambil cekikikan, X mengakui perbuatannya kepada Y. Apa kata si Y? Sambil bercampur kata-kata makian, si Y berucap "Bisa-bisanya loe ngerjain gw, padahal udah tau org lagi ketakutan karena kabar pembunuhan lewat telp itu."
Ternyata masyarakat masih sangat mudah diperdaya dengan hoax berbau gaib seperti ini. Menurut analisis beberapa orang, hoax ini sebenarnya disebarkan untuk mendiskreditkan operator GSM baru yang bernama AXIS. Sebaliknya, ada juga yang "menuduh" bahwa hoax ini disebarkan untuk meningkatkan popularitas si AXIS sendiri. Mana yang benar? Apa bisa kita cari pengirim pertama dari SMS semacam ini?

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ga masuk akal. Tapi news ini agak menggangu tuh.

http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.05.16.11180069&channel=1&mn=2&idx=4

http://www.kompas.com/index.php/read/xml/2008/05/12/21112589/simak.pengakuan.apin.korban.sms.santet